Beban masa lalu dan kejutan masa depan

Adalah musa 'alaihissalam, rasul yang tersebut paling banyak dalam Al Quran. Mengalami banyak kejutan dalam riak kehidupannya.
Sebelum diangkat sebagai rasul, ia pernah membunuh seorang warga berkebangsaan Mesir, berlarilah ia penuh ketakutan hingga sampai di madyan.
.
Sesampainya disana, disaat ia sedang rehat, dilihatnya dua orang wanita penggembala yang kesulitan dalam mengambil air. Mereka menggantikan tugas ayahnya yang telah tua. Musa pun menolong mereka.
.
Seluruh penggembala pun pulang, musa kembali berteduh di sebuah pohon dengan kondisi lapar karena seluruh perbekalannya habis. Sepi. Sendiri.
.
Ia kemudian melangitkan doa yang ini seharusnya jadi pelajaran besar bagi kita. Ia mengatakan :
ربّ انّي لمآ انزلت اليّ من خير فقير
"Ya Allah, terhadap kebaikan yang engkau turunkan, betapa aku amat memerlukannya".
.
Kejutan pertama pun hadir.
Salah seorang wanita yang ditolongnya kembali dan menghampiri musa seraya menyampaikan pesan dari ayahnya agar dapat menemui ayahnya. Ayah dari wanita itu ingin membalas kebaikan yang telah dilakukan oleh Musa.
Apa yang kita bayangkan? Kondisi lapar pasti yang dibutuhkan adalah makanan dan minuman.
Sesampainya Musa di rumah ayah dari wanita itu, kejutan itu hadir kembali. Ia dibalas dengan 3 hal :
Keamanan dari pelarian.
Jamuan makanan dan minuman.
Yang lebih mengejutkan adalah dinikahkannya ia dengan salah seorang wanita itu. Jadilah ia menantu seorang Nabi. Nabi syu'aib.
Kisah kejutan demi kejutan ini bisa disimak dalam surat Al Qashah 20-28.
.
Apa ibroh yang bisa kita ambil? Diantaranya adalah ; saat masalah begitu datang bertubi-tubi, jangan pernah henti berbuat kebaikan. Doa Nabi Musa juga menggambarkan kepasrahan, kebergantungannya, totalitas keyakinannya kepada Allah. Inilah yang harus kita hadirkan saat masalah datang silih berganti dalam hidup kita. Lihatlah doa nabi musa, yang dibutuhkan adalah makanan dan minuman, yang dimintanya adalah kebaikan. Sebab Allah Maha Tahu segala yang nampak dan tersembunyi.
.
Tak usah berkecil hati jika kita memiliki masa lalu yang gelap lagi kelam. Semoga Allah menggantinya saat kita memutuskan bersama orang-orang yang baik, dalam lingkungan baik, dan terus berbuat baik.
.
Selamat menikmati kejutan-kejutan yang telah Allah siapkan untuk kita. Sebagaimana kejutan-kejutan istimewa yang Allah hadirkan dalam liku perjalanan nabi musa 'alaihissalam. 😊
.
Fa'tabiruu yaa ulil abshar
menikmati juni, 13-2017
#menuju10hariterakhir


Comments